Jumat, Mei 24, 2024
BerandaBeritaCirebonIAIN Cirebon dan Universitas Terbuka Kerjasama Pelatihan SDM

IAIN Cirebon dan Universitas Terbuka Kerjasama Pelatihan SDM

Siberasi.id – IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkolaborasi dengan Universitas Terbuka dalam rangka pelatihan sumber daya manusia (SDM) untuk mengikuti pelatihan.

Para peserta tidak hanya terdiri dari tenaga pengajar, namun juga melibatkan tenaga kependidikan dengan tujuan utama yaitu mempelajari cara membuat konten video pembelajaran yang efektif.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon H. Aan Jaelani, menggarisbawahi pentingnya upaya ini, terutama dalam menghadirkan akses pendidikan kepada sekitar 80 ribu guru di madrasah dan pesantren yang terkendala oleh keterbatasan biaya dan waktu.

Ia pun menyoroti inisiatif dari Menteri Agama untuk membentuk Universitas Siber sebagai langkah maju dalam mendukung pengembangan pendidikan.

“Kami berharap implementasi universitas siber akan segera terealisasi dengan adanya rancangan Perpres yang telah disusun dan berada di meja Sekretariat Negara. Ini akan memberikan akses sumber daya, bahan ajar, modul digital, dan konten kreatif berbasis video,” ujar Rektor Aan, Sabtu (2/12).

Kegiatan di Universitas Terbuka dimulai dengan paparan mengenai dasar-dasar produksi video. Materi tersebut kemudian diperkaya melalui diskusi interaktif serta pemaparan contoh-contoh video pembelajaran yang memberikan gambaran akan standar ideal dan kekurangan yang perlu diperbaiki.

“Ini langkah penting untuk melangkah menuju inovasi digital dan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, khususnya dalam hal Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam,” tambah Rektor Aan.

Menurutnya, kerja sama yang terjalin ini diharapkan dapat terus berlanjut, membuka peluang bagi pengembangan konten-konten pembelajaran yang inovatif dan mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments