Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonPemilih Pemula Pada Pemilu 2024 Capai 52 Persen

Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 Capai 52 Persen

Siberasi.id – Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menggelar pelatihan Tular Nalar “Sekolah Kebangsaan: Penginderaan Hoax Untuk Pemilu”

 

Program ini juga diprakarsai Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) serta didukung oleh Google.org.

 

Dr Arief Rachman MSi, Ketua Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya acara ini.

 

“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama para mahasiswa tentang pemilu, demokrasi, penginderaan hoaks dan waspada sanksi dalam konteks Pemilihan Umum 2024,” jelasnya, Selasa (5/12).

 

Menurutnya kolaborasi ini penting dilakukan karena para mahasiswa ini adalah pemilih pemula yang belum mempunyai pengalaman pemilu sebelumnya.

 

Hadir dalam acara ini Nurul Fajri, SPdI MIKom selaku Komisioner dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cirebon.

 

Dalam fajri menyampaikan pesan terkait pentingnya pengawasan dalam proses pemilu dan partisipasi aktif masyarakat.

 

“Pemilih pemula yang termasuk kategori gen z ini prosentasenya mencapai 52 persen dari total pemilih pemilu 2024,” sebutnya.

 

Acara ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang dibagi menjadi 10 kelompok dan dipandu oleh 10 fasilitator.

 

Dalam acara tersebut para peserta terlibat aktif dalam diskusi mendalam dan sesi tanya jawab dengan para fasilitator yang ahli di bidangnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments