Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaCirebonKPU Kabupaten Cirebon Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Siberasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Pemilu 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari organisasi mahasiswa, pelajar, organisasi disabilitas, organisasi perempuan, dan lainnya.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan materi dari sejumlah narasumber seperti Dosen, Aliansi Perempuan Disabilitas dan Lansia Jabar, Akademisi, Ketua PWI Kabupaten Cirebon dan Komisioner KPU Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi mengatakan, informasi mulai dari waktu pelaksanaan hingga selesai proses Pemilu harus tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, seluruh perwakilan elemen masyarakat harus memahami urutan serta proses pada pemilu 2024 mendatang.

“Mengenai waktu, hari dan tanggal jangan sampai terlewat. Waktu Pemilihan tidak bisa diundur atau dimajukan harus tepat waktu kapan mulai dan kapan berakhirnya yakni tanggal 14 Februari 2024 pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB,” katanya, Minggu (17/12).

Ia melanjutkan, selain waktu pelaksanaan masyarakat sebagai pemilih harus mengenal jenis kertas suara dan cara mencoblos. Karena pada pelaksanaanya akan ada 5 kertas suara mulai dari Capres hingga DPRD Kabupaten/Kota.

“Warna kertas suara berbeda sesuai dengan jenis pemilihannya. Pesan ini harus disampaikan dengan baik kepada masyarakat sebagai pemilih, karena akan ada 5 kertas suara yang berbeda,” ujarnya.

Ia mengingatkan, kepada peserta sosialisasi untuk meneruskan informasi mengenai pelaksanaan Pemilu 2024 kepada keluarga sebagai orang terdekat laku ke tetangga dan ke masyarakat, agar pemilih dapat memberikan hak suaranya.

“Dari pertemuan hari ini bapak ibu menyampaikan informasi pelaksanaan baik teknis maupun urutan pemilu kepada orang terdekat terlebih dahulu. Lalu ke tetangga-tetangga dan ke masyarakat lainnya, sehingga Pemilu bisa terlaksana sesuai yang ditargetkan,” tuturnya.

Ia berharap, Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik tidak ada yang golput.

“Kita sukseskan Pemilu 2024, kami harap tidak ada yang golput,” pungkasnya. (red)

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments