Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaKPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka, Diduga Terima Gratifikasi Sejak 2011

KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka, Diduga Terima Gratifikasi Sejak 2011

Siberasi.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetapkan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka.

Tim Penyidik KPK telah mendapatkan bukti permulaan yang cukup. Sehingga mereka menduga terdapat tindak pidana korupsi yang Rafael Alun lakukan.

Mengutip dari , Rafael Alun diduga menerima gratifikasi dalam jangka waktu yang cukup lama, sejak 2011 hingga 2023.

“Ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan. Terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023).

“Teman-teman sudah tahu konstruksi perkara ini. Sehingga proses penyidikan ini sudah kami pastikan sudah ada tersangkanya. Namun demikian tentu kami belum bisa sampaikan identitas tersangka dimaksud,” tuturnya.

Meski begitu, Ali masih enggan menyebut dengan terang nama Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka.

Tetapi Ali menegaskan, dugaan temuan ketidakwajaran harta kekayaan mantan pejabat pajak telah naik ke tahap penyidikan. Rafael diduga telah menerima gratifikasi.

“Karena pada saatnya ketika proses penyidikan ini cukup kami pastikan kami akan umumkan secara resmi pihak yang ditetapkan tersangka dalam perkara ini,” kata Ali. (jri)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments