Jumat, Mei 24, 2024
BerandaBeritaCirebonKota Cirebon Siap Jadi Kota Metropolitan di Kawasan Rebana

Kota Cirebon Siap Jadi Kota Metropolitan di Kawasan Rebana

CIREBON – Kota Cirebon kini tengah bersiap untuk menyambut kawasan Rebana. Kawasan rebana adalah, kawasan pengembangan baru berbasis perkotaan inti di Cirebon ditambah Patimban sebagai akses Pelabuhan utama dan Kertajati sebagai akses udara.

Rebana sendiri terdiri dari beberapa wilayah di Jawa barat diantaranya adalah Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon. Kawasan Rebana digadang-gadang akan menjadi pusat perekonomian baru di Jabar.

“Kesiapan Kota Cirebon menjadi kota metropolitan ke kawasan Rebana tentu harus disiapkan sebuah konsep dan desain pariwisata yang memang layak untuk dijual, bukan hanya untuk wisatawan domestik tapi juga untuk wisatawan internasional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, Rabu (8/11).

Menurutnya, Kota Cirebon menjadi salah satu wilayah di kawasan Rebana yang memiliki sarana dan prasarana memadai baik dari segi transportasi maupun akomodasi.

“Kita didukung dengan optimalisasi BIJB Kertajati. Perhotelan kita lengkap, pusat perbelanjaan, pusat kuliner hingga wisata religi dan budaya menjadi daya tawar yang kuat bagi Kota Cirebon di dalam kawasan rebana,” ujarnya.

Ia menambahkan, kedepan bukan hanya Cirebon yang menjadi destinasi wisata tapi juga wilayah Cirebon Raya meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

“Ini menjadi peluang kita untuk bisa menangkap bagaimana kedepan Cirebon bukan cuma Kota Cirebon Tapi Cirebon Raya menjadi sebuah destinasi wisata yang lengkap,” pungkasnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments