Jumat, Mei 24, 2024
BerandaPolitikGriya SawalaKetua DPRD Kota Cirebon Ikuti Kirab Merah Putih

Ketua DPRD Kota Cirebon Ikuti Kirab Merah Putih

Siberasi.id – Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana mengikuti Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebangsaan Bersama Habib Luthfi Bin Yahya serta lintas pemerintahan, militer dan kepolisian di wilayah kerja Korem 063/Sunan Gunung Jati, Senin (6/3/2023). Kirab tersebut start dari Balai Kota Cirebon dan finish di Stadion Bima Kota Cirebon.

Bendera merah putih sepanjang 500 meter dibentangkan dalam iring-iringan kirab, mulai dari depan Balai Kota Cirebon hingga Stadion Bima, menempuh jarak lebih dari 5 kilometer.

Kirab tersebut diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari unsur penyelenggara pemerintahan daerah di Cirebon dan sekitarnya, para pelajar, unsur organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh pemuda, masyarakat umum, serta TNI dan Polri.

Mereka menempuh rute Jalan Siliwangi, Jalan Kartini, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Jalan Pemuda, Jalan Brigjen Darsono By Pass, kemudian masuk ke kawasan olahraga Bima dan finish di Stadion Bima Utama.

Di sepanjang rute kirab, selain membentangkan bendera merah putih, para peserta juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, seraya diiringi tabuhan drum band. Ada pula iring-iringan replika kereta kencana Paksi Naga Liman, hingga kendaraan militer.

Sesampainya di Stadion Bima Utama, para peserta kirab mendapatkan tausiyah kebangsaan dari ulama kharismatik sekaligus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Dr. (HC). Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Yahya.

Dalam tausiyah kebangsaannya, Habib Luthfi menyampaikan, kebanggaan menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Apabila semua warga fanatik terhadap bangsa ini, tentu fanatik yang rasional, maka mereka akan menjunjung tinggi apa yang tumbuh di atas tanah negeri ini,” ucapnya.

Habib Luthfi juga menegaskan, seluruh elemen Bangsa Indonesia harus menjaga jati diri dan harga diri bangsa, sehingga kokohnya NKRI akan senantiasa terjaga pula.

“Negeri kita kaya! Punya jati diri, harga diri,” seru Habib Luthfi. (hrs)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments