Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonHari Jadi Cirebon Berubah Tahunnya, Sesuai dengan Babad Cirebon

Hari Jadi Cirebon Berubah Tahunnya, Sesuai dengan Babad Cirebon

Siberasi.id – Pemerintah Kota Cirebon akan merevisi Hari Ulang Tahun Cirebon. Dengan merevisi hari jadi Cirebon maka usia Kota Udang ini juga berubah.

Pengembalian sejarah terkait hari jadi Cirebon sudah melalui berbagai proses literasi dan diskusi bersama sejarawan, budayawan, termasuk guru besar dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia.

DPRD Kota Cirebon pun turut andil dalam pelurusan sejarah tersebut, salah satunya menyusun Raperda bersama instansi terkait.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, sejarah ulang tahun Cirebon akan diluruskan kembali.

Upaya pengembalian sejarah berdasarkan rujukan dan diskusi bersama sejarawan, budayawan termasuk guru besar dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia.

“Tahun 2024 ini kita sudah meluruskan terkait dengan sejarah hari jadi Cirebon,” katanya, Sabtu (20/1).

Perubahan sejarah hari jadi Cirebon hasil dari evaluasi yang mengacu pada beberapa rujukan yakni Babad Alas dan Caruban Nagari.

“Rujukannya adalah peristiwa dari Babad Alas Cirebon. Jadi, sebetulnya kelahiran dari atau peristiwa babad itu sendiri dibandingkan dengan usia waktu itu maka akan ketemu di angka 849 Hijriyah kalau Masehinya di 1445. Kalau kita hitung dengan tahun sekarang di 1445 Hijriyah maka ketemunya sekarang adalah di tahun 2024 adalah hari jadi yang ke 596,” terangnya.

Ia memastikan, Tahun 2024 ini perayaan hari jadi Cirebon sudah sesuai dengan dokumen pendukung.

“Pembahasan itu diulang kembali dengan mengundang budayawan maupun sejarawan yang ada di Cirebon. Jadi insyaallah untuk perayaan hari jadi Cirebon tahun ini kita sudah sesuai dengan dokumen pendukung yang ada,” imbuhnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments