Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonLanal Cirebon Menggelar Kejurnas Navy Open Turnamen 2024

Lanal Cirebon Menggelar Kejurnas Navy Open Turnamen 2024

Siberasiid – Masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Darma Samudera Tahun 2024, Lanal Cirebon menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Navy Open Turnamen Kejuaraan Selam Nomor Kolam dan Laut antar Klub se-Indonesia di Kota Cirebon.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Cirebon, diikuti sekitar 775 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Panitia Penyelenggara Nurhayat mengatakan, kejuaraan ini digelar di dua venue yakni di nomor selam di Laut Pelabuhan Kota Cirebon dan nomor Kolam di Kolam Renang Prestasi Catherine Surya Kompleks Stadion Bima Kota Cirebon pada 12 hingga 14 Januari 2024.

“Event ini baru pertama kali digelar, hari ini dilaksanakan Finswimming Nomor Laut di Pelabuhan Kota Cirebon semua kelompok umur (KU) dari 9 tahun sampai senior,” jelasnya, Jumat (12/1).

Jarak yang diperlombakan 500 meter untuk KU Junior, 1000 meter untuk KU Senior dan TNI Polri, serta 3000 meter untuk atlet profesional yang akan menjadi ajang zona degradasi menuju PON Aceh-Sumut 2024.

Untuk Finswimming Nomor Kolam yang akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, menurutnya hampir 18 nomor yang diturunkan.

“Tujuannya itu untuk mencari bibit-bibit atlet junior untuk kita persiapkan jadi atlet senior dan profesional, mencari bibit atlet di Jawa Barat untuk kita khususnya Kota Cirebon untuk menyiapkan ke ajang Porprov dan PON. Untuk TNI AL sendiri, mencoba untuk mencari bibit dan menyeleksi atlet senior yang berprestasi yang ingin menjadi prajurit AL,” tutur Nurhayat.

Terkait penyerahan piagam dan medali juara Nomor Selam Laut, Nurhayat menambahkan, Sabtu ini diserahkan pada acara pembukaan yang diisi dengan acara gebyar bazar, seni dan hiburan, hingga santunan anak yatim.

“Saya berharap ini menjadi motivasi buat anak-anak Cirebon khususnya Jawa Barat dan umumnya di Indonesia untuk mengasah mental dan ini menjadikan ajang prestasi buat anak-anak selam di Indonesia. Ini juga sebagai patokan untuk kalender tahunan buat Kota Cirebon dan PB POSSI Indonesia,” pungkasnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments