Siberasi.id – Perumda Air Minum (PAM) Tirta Giri Nata Kota Cirebon merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 dengan mengusung tema ‘Tirta Giri Nata Hadir untuk Melayani Kebutuhan Air Bersih Anda Menuju Kota Cirebon SETARA’, Selasa (26/2/2025).
Direktur Utama PAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, H Sofyan Satari SE MM menegaskan, momentum perayaan HUT ini menjadi pengingat penting bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.
“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat Kota Cirebon dengan pengelolaan yang profesional dan akuntabel,” ujarnya.
Sejalan dengan visi perusahaan, yakni ‘Terpenuhinya Kebutuhan Air Bersih Bagi Masyarakat Kota Cirebon dan Sekitarnya Secara Optimal Melalui Pengelolaan Perusahaan Secara Profesional dan Akuntabel’, berbagai upaya terus dilakukan guna meningkatkan pelayanan.
Selama tahun 2024, kata Sofyan, PAM Tirta Giri Nata mencatat beberapa pencapaian, di antaranya penurunan tingkat kehilangan air dari 37,97 persen menjadi 31,39 persen. Peningkatan pelayanan di wilayah Samadikun dan Pesisir Kota Cirebon, serta penyediaan pelayanan air bersih bagi wilayah yang mengalami krisis melalui mobil tangki.
Meski demikian, lanjut Sofyan, banyak tantangan yang mesti dihadapi dalam pengelolaan air bersih di Kota Cirebon, seperti peningkatan jumlah penduduk, luasnya cakupan wilayah, keterbatasan sumber air, serta kebutuhan investasi yang besar. Namun, ia optimistis dengan strategi yang tepat, tantangan ini dapat diatasi.
“Kami memiliki beberapa rencana strategis ke depan, termasuk penekanan tingkat kebocoran, optimalisasi sumber air, serta pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan layanan air bersih,” turutnya.
Masih kata Sofyan, pada 2024 lalu PAM Tirta Giri Nata juga memperoleh penghargaan sebagai BUMD yang membagikan deviden terbesar kepada Pemkot Cirebon. Kemudian Kemudahan pembayaran air minum melalui PPOB dengan sistem dua rekening yang sebelumnya hanya dapat dilakukan pada bulan berjalan, saat ini dapat dilakukan untuk rekening 2 (dua) bulan
“Kami juga rutin memastikan pelayanan air bersih pada wilayah krisis air bersih melalui mobil tangki, khususnya di wilayah tertentu yang mebutuhkan air bersih terutama saat musim kemarau,” paparnya.
Pada kesempatan yang sama, imbuh Sofyan, perusahaan juga memberikan penghargaan kepada pegawai yang telah mengabdi selama 20 dan 30 tahun serta memberikan apresiasi kepada putra/putri pegawai yang berprestasi.
“Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan simbolis kepada Yayasan Pondok Pesantren Amparan Banda Kerep Kota Cirebon sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan,” terangnya.
Sofyan mengaku, perayaan HUT ke-67 Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon ini menjadi momen refleksi dan motivasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.
“Dengan berbagai program yang telah dan akan dijalankan, PAM Tirta Giri Nata optimistis dapat terus memberikan layanan terbaik demi mewujudkan Kota Cirebon yang lebih sehat dan sejahtera,” katanya.