Jumat, Mei 24, 2024
BerandaBeritaCirebonBangun Rasa Empati Anak dengan Lomba Bercerita

Bangun Rasa Empati Anak dengan Lomba Bercerita

Siberasi.id – Bunda Literasi yang juga Plt Wali Kota Cirebon Eti Herawati secara resmi membuka Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar se-Kota Cirebon Tahun Anggaran 2023.

“Antusiasme yang sangat tinggi ini menunjukkan bahwa kita semua memiliki komitmen yang sama untuk meningkatkan literasi dan menumbuhkembangkan karakter baik sedari dini melalui bercerita,” kata Eti Herawati dalam sambutannya, Senin (13/11).

Sebagai Bunda Literasi Kota Cirebon, ia menyampaikan, aktivitas bercerita sungguh sangat memberikan manfaat kepada anak-anak. Anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang kaya dengan cerita akan tumbuh dan cakap dalam kecerdasan bahasa.

“Sebab, cerita tidak hanya menjembatani perkembangan kognitif dan kemampuan bahasa anak, tetapi juga menjadi jendela imajinasi bagi anak. Selain itu, cerita juga mengasah kecerdasan emosional dan rasa empati anak. Buktinya pada saat bercerita dan menyimak, anak berempati dan mengekspresikan kepedulian terhadap tokoh cerita. Dari sinilah, cerita menjadi bagian terpenting dari kehidupan anak-anak sejak dini,” ujarnya.

Lebih jauh lagi, anak yang sering diceritakan kisah-kisah akan mengakrabi elemen sastra, seperti tokoh cerita, latar, tema, pesan cerita, juga alur cerita.

Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Cirebon, Gunawan mengatakan, lomba bercerita ini merupakan salah satu program literasi kreatif. Karena saat ini, menurut Gunawan, perpustakaan bukan hanya untuk ruang membaca, tetapi pusat literasi.

“Kegiatan lomba bercerita ini bagian dari kegiatan literasi kreatif. Dengan harapan, mereka mengexplore buku-buku yang ada kemudian dipraktekan dengan bercerita sesuai dengan yang ada di buku,” ujar Gunawan.

Dengan lomba bercerita ini, kata Gunawan, diharapkan bisa menciptakan masyarakat yang literet. Sebab, bercerita pasti dapat mendorong partisipasi aktif anak dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya.

“Untuk peserta yang terdaftar ada 40 peserta dari SD se-Kota Cirebon, jumlah tersebut berdasarkan hasil seleksi dari Korwil Pendidikan,” katanya.

Untuk tahapan perlombaan, menurut Gunawan, diawali dengan tahapan audisi yang diikuti oleh 40 peserta dari tanggal 13-16 November 2023. Setiap harinya, akan diikuti oleh 10 peserta.

“Pengumuman peserta yang masuk dalam grand final akan diumumkan pada tanggal 16 November 2023 melalui papan pengumuman di Dispusip dan melalui Instagram Dispusip,” jelasnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments