Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaRoadshow IdenTIK, Gali Potensi Inovasi Anak Negeri

Roadshow IdenTIK, Gali Potensi Inovasi Anak Negeri

Siberasi.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika kembali menggelar roadshow Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) tahun 2022 yang ke-2.

Roadshow IdenTIK untuk gali potensi inovasi anak negeri. Pada kali ini berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon yang bertempat di Patra Cirebon Hotel & Convention – Cirebon, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022).

IdenTIK merupakan ajang kompetisi tahunan yang pelaksanaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuan untuk menggali potensi inovasi karya terbaik anak bangsa di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Karya terpilih dari kompetisi IdenTIK nantinya akan berkesempatan untuk berlaga mewakili Indonesia dalam kompetisi di tingkat regional, yaitu ASEAN ICT Awards (AICTA) yang menjadi barometer dalam hal inovasi dan kreativitas di wilayah ASEAN.

Dalam ajang kompetisi AICTA, Indonesia telah berhasil meraih prestasi gemilang dengan memperoleh gelar juara umum secara berturut-turut pada kompetisi AICTA 2019 dan AICTA 2021.

Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Identik agar tetap mampu menghadirkan karya terpilih sekaligus kandidat terbaik mewakili Indonesia untuk berlaga menghadapi 9 negara ASEAN lainnya pada kompetisi AICTA 2022 mendatang.

Pada pelaksanaan roadshow kali ini hadir para karya terpilih IdenTIK dan pemenang ASEAN ICT Awards dalam sesi sharing session, seperti karya terpilih ke-1 ldenTIK di tahun 2020 sekaligus peraih Bronze Medal AICTA 2021 – Myanmar pada kategori Private Sector, yaitu Galuh Koco Sadewo.

Selain itu, serta karya terpilih ke-3 IdenTIK 2021 pada kategori Start-Up Company yaitu Aldo Suhartono Putra dengan karya “Enevti”.

Tahun 2022 menjadi tahun ke-4 penyelenggaraan kompetisi IdenTIK, dengan mengusung tema Collaborate and Grow Stronger.

IdenTIK secara konsisten berupaya mengembangkan konsep kegiatan dan bertransformasi.

Agar tidak hanya ajang kompetisi, namun juga membuka kesempatan bagi para karya terpilih untuk mendapatkan fasilitasi berjejaring. Baik dalam dalam even berskala nasional atau global.

Melalui rangkaian Roadshow IdenTIK ini, targetnya akan semakin banyak peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi IdenTIK. Tidak hanya dari kalangan instansi pemerintah.

Melainkan juga komunitas, akademisi, startup, entrepreneur, inkubator atau akselerator bisnis serta perusahaan swasta. (jri/rls)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments