Siberasi.id – Smartfren berhasil meraih predikat Gold dalam ajang Bina Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Awards 2024 yang diadakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD), Rabu (3/7/2024), Jakarta.
Penghargaan ini didapatkan berkat konsistensi perusahaan dalam menjalankan program Teman UMKM, yang fokus pada digitalisasi usaha lokal di berbagai wilayah operasional, serta program ‘Jajanan Mamake’ di Cilacap, Jawa Tengah.
Keberhasilan ini menunjukkan dedikasi Smartfren dalam mendukung pengembangan UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital.
Direktur Smartfren, Marco Sumampouw menyatakan, Teman UMKM merupakan wujud komitmen perusahaan mendukung pemanfaatan teknologi digital untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“Penghargaan ini memotivasi Smartfren untuk terus menjalankan program-program inklusif yang mendukung penggunaan internet yang positif dan merancang produk terbaik bagi Indonesia. Konsistensi ini diharapkan memberikan dampak positif jangka panjang bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ujarnya.
Marco juga mengatakan, Predikat Gold merupakan salah satu tingkatan tertinggi yang bisa diraih dalam ajang ini. Program Teman UMKM telah berjalan sejak 2020 melalui Smartfren Community dan telah membina 2.840 usaha lokal.
“Sedangkan ‘Jajanan Mamake’ adalah usaha lokal yang menghasilkan makanan kecil dari buah sukun dengan berbagai variasi rasa. Sugeng Paijo, pemilik UMKM tersebut, terinspirasi oleh program Teman UMKM Smartfren dan mendirikannya pada tahun yang sama,” paparnya.
Masih dikatakan Marco, sejak saat itu Sugeng konsisten berkolaborasi dengan Smartfren Community untuk merintis jalur pemasaran digital bagi produknya dan memberikan pelatihan digitalisasi kepada berbagai UMKM di wilayah Cilacap.
Selain penghargaan Gold, lanjut Marco, Smartfren juga mendapatkan penghargaan Special Mention untuk Talent-Based CSR to Achieve Sustainable Creative Economy dari Bisnis Indonesia Social Responsibility Awards 2024.
“Penghargaan ini diberikan pada Kamis (27/6) lalu, sebagai pengakuan atas kegiatan literasi digital yang diadakan oleh Smartfren untuk UMKM dan masyarakat umum,” tuturnya.
Marco menilai, keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen Smartfren dalam mendukung digitalisasi dan pengembangan UMKM di Indonesia, serta peran penting mereka dalam menciptakan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.
“Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa program-program yang dijalankan oleh Smartfren mendapatkan apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak, dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam menjalankan program CSR yang berdampak positif,” katanya.