Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaPeringatan Hari Santri 2022 di Kota Cirebon, Walikota Azis Bilang Begini

Peringatan Hari Santri 2022 di Kota Cirebon, Walikota Azis Bilang Begini

Siberasi.id – Upacara peringatan Hari Santri tahun 2022 tingkat Kota Cirebon dipusatkan di halaman gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon, Sabtu (22/10/2022).

Upacara tersebut berlangsung khidmat. Walikota Cirebon Nashrudin Azis bertindak sebagai pembina upacara. Hadir pula Wakil Walikota Eti Herawati, Sekda Agus Mulyadi, jajaran Forkopimda, pejabat dari Kemenag Kota Cirebon, hingga para kiai dan santri.

Dalam amanat upacaranya, Azis mengatakan, Hari Santri adalah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing.

Azis menambahkan, sejarah mencatat, melalui fatwa dari KH Hasyim Asy’ari yang kemudian dikukuhkan menjadi Resolusi Jihad, para santri bersama pejuang bangsa lainnya memiliki peran besar dalam merebut kembali kedaulatan negara dari kolonialisme bangsa asing.

“Hal semacam ini perlu senantiasa kita ingat. Sebab, ingatan sejarah akan memberikan bekal tidak hanya bagi para santri, tetapi juga seluruh anak bangsa untuk selalu berbenah, memperbaiki kualitas diri, dan terlibat aktif dalam upaya-upaya memajukan bangsa Indonesia,” tutur Azis.

Dalam kesempatan itu, Azis lantas membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada upacara peringatan Hari Santri tahun 2022.

Pesan yang Menag Yaqut sampaikan di antaranya, bahwa peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata. Hari Santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” katanya.

Selain itu, Menteri Agama juga dalam sambutannya mengajak untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan, terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Seusai upacara peringatan Hari Santri, selanjutnya Wakil Walikota Eti Herawati bersama Sekda Agus Mulyadi melepas rombongan Kirab Agung Santri Nuswantara dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2022. (jri/adv)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments