Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonPanwaslu Harjamukti Gelar Apel Siaga Pengawasan

Panwaslu Harjamukti Gelar Apel Siaga Pengawasan

Siberasi.id -Sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pengawasan kampenye Pemilu 2024, Panwaslu Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon menggelar ‘Apel Siaga Pengawasan Jelang Kampanye Pemilu 2024 di Sekretariat Panwaslu Setempat, Senin (27/11/).

Apel siaga pengawasan dihadiri Camat Harjamukti, R Yuki Maulana Hidayat, Kapolsek Seltim AKP Fiekry Adi Perdana, anggota PPK Harjamukti dan seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Harjamukti.

Ketua Panwaslu Kecamatan Harjamukti, Taufik Hidayat mengatakan, Apel Siaga Pengawasan Jelang Kampanye Pemilu 2024 merupakan instruksi Bawaslu Kota Cirebon agar jajarannya di seluruh tingkatan melaksanakan apel siaga sebagai bentuk kesiapan pengawasan kampanye.

Taufik juga memberi arahan kepada jajarannya agar jangan mencari-cari kesalahan peserta kampanye, namun lebih kepada pencegahan. Hal ini menjadi komitmen Panwaslu Harjamukti agar dalam melakukan pengawasan lebih mengedepankan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran.

‘Kedepankan penjegahan, jangan mencari-cari kesalahan. Beri edukasi kepada peserta pemilu dengan menyampaikan aturan atau pedoman berkampanye. Oleh sebab itu, kepada peserta pemilu, khususnya paca caleg agar menginformasikan kepada Panwaslu Kecamatan jika ingin berkampanye,” ujar Taufik.

Kenapa perlu menginformasikan kepada Panwaslu? Ia menjelaskan, agar kegiatan kampanye para caleg lebih legal dan legitimit karena diawasi Panwas. Sehingga kalau ada potensi pelanggaran akan diluruskan Pengawas.

“Jadi kami lebih kepada mengarahkan caleg agar kampanyenya tidak melanggar. Kami juga berpesan kepada seluruh Panwaslu Kecamatan agar selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Taufik.

Pada bagian lain Taufik menyampaikan terima kasih kepada Camat Harjamukti beserta jajarannya, Kapolsek Seltim beserta jajarannya dan seluruh anggota PPK Harjamukti yang telah menghadiri Apel Siaga Pengawasan Jelang Kampanye Pemilu 2024 di Panwaslu Kecamatan Harjamukti.

Sementara itu, Camat Harjamukti, R Yuki Maulana Hidayat mengapresiasi atas inisiatif Panwaslu Kecamatan Harjamukti yang telah mengundanya untuk hadir dalam kegiatan apel siaga pengawasan jelang kampanye Pemilu 2024. Pihaknya berpesan agar dalam melakukan pengawasan tetap menjaga kondusivitas daerah.

“Laporkan kepada pihak-pihak terkait jika ada potensi yang mengundang kerawanan. Ingatkan kepada peserta pemilu jangan sampai melanggar. Kecuali jika sudah diingatkan tetap melanggar, maka risikonya akan berhadapan dengan hukum yang berlaku,” tegas Camat Yuki.

Yuki berpesan agar sesama penyelenggara pemilu dan pemerintah yang ada di kecamatan untuk selalu berkoordinasi dalam melakukan tugas-tugas pengawasan. “Kami yakin dengan dikomandoi Pak Taufik, pengawasan di Kecamatan Harjamukti berjalan maksimal dan tetap kondusif,” sebut Yuki. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments