Jumat, Mei 24, 2024
BerandaBeritaHaul Ki Gede Kalikoa Berlangsung Meriah

Haul Ki Gede Kalikoa Berlangsung Meriah

Siberasi.id – Ratusan warga Desa Kalinya Kecamatan Kedawung Kab. Cirebon, merayakan Haul Ki gede Kalikoa Tahun 2023.

 

Haul kali ini digelar makin meriah dibanding 2 tahun sebelumnya. Acara rutin tahunan yang disebut juga Haul Syekh Ahmad Pangeran Panji ini dikenal dengan sebutan sedekah bumi.

 

Tak hanya itu, kegiatan tahunan diatas dibarengi dengan gebyar pajak bumi dan bangunan serta sejumlah kegiatan dari pengajian di Makbaroh, hingga karnaval.

 

Kuwu Kalinya Misbakh Fauzi mengatakan, haul ini diikuti oleh

8 RW, dengan puluhan replika kreasi warga berupa gunungan, ogoh-ogoh, lukisan dan lainnya, kemudian diarak keliling kampung.

 

“Gelaran haul tahun ini mendapat animo sangat tinggi, terlihat dari kunjungan serta partisipan, bukan hanya warga lokal, bahkan ada dari luar wilayah,” katanya, Senin (18/12).

 

Dikatakannya, kreasi warga tersebut diarak dari alun-alun griya caraka dan finis di Taman Edukasi Bazmi Alem.

 

 

Misbakh menyebut, puncak acara ini digelar di Bazmi Alem, sekaligus mensosialisasikan, bahwa area ini merupakan taman edukasi yang kedepannya dijadikan spot wisata.

 

Terlebih sudah mulai mencuatnya ikon publik yaitu Patung Prabu Siliwangi. Diharapkan jadi daya tarik sehingga mampu mengangkat ekonomi warga setempat.

 

“Wahana yang ada, taman bermain anak, ruang ramah anak, wisata edukasi air, taman labirin, museum pertanian mini” katanya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments