Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonHari Rabu Ini Eti Herawati Dilantik Jadi Walikota Cirebon Definitif

Hari Rabu Ini Eti Herawati Dilantik Jadi Walikota Cirebon Definitif

Siberasi.id –  Nashrudin Azis mengundurkan diri sebagai Walikota Cirebon karena masuk DCT Legislatif pada Pemilu 2024. Penetapan pemberhentian Azis dari tugasnya sebagai kepala daerah pun melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon pada Senin (6/11) yang lalu.

Dan pada Rapat Paripurna itu juga, Eti ditetapkan menjadi Pelaksana tugas (Plt) menggantikan posisi Azis. Roda pemerintahan pun dijalankan Eti dengan status Plt Walikota Cirebon hingga Hari Senin Tanggal 5 Desember 2023.

Beredar kabar, Eti Herawati Hari Rabu (6/12) ini dilantik menjadi Walikota Cirebon definitif. Eti akan dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Gedung Sate, Bandung.

Kepala Bagian Protokoler Setda Kota Cirebon Yoga Pramono membenarkan Eti Herawati resmi dilantik menjadi Walikota Cirebon definitif di Gedung Sate, Bandung.

Yoga mengaku belum banyak memberikan informasi terkait prosesi pelantikan Walikota Cirebon. Kendati demikian, rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih berlangsung untuk menyiapkan segala kesiapannya.

“Masih rapat dengan pemerintah provinsi. Untuk menyiapkan rencana besok (pelantikan),” pungkasnya.

Akhir masa jabatan pasangan Azis-Eti akan berakhir pada 12 Desember 2023. Artinya, bila Eti dilantik pada Hari Rabu (6/12) maka pada Hari Senin (12/12) jabatannya sebagai Walikota Cirebon definitif berakhir, atau hanya selama 6 (enam) hari saja.

Sementara prosesi pemberhentian masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Cirebon, akan melalui Sidang Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon, yang saat ini sedang menyiapkan Rapat Paripurna akhir masa jabatan Walikota Cirebon pada Desember ini. Selanjutnya, Kemendagri akan menunjuk Penjaabat (Pj) Walikota Cirebon, sampai dilantiknya Walikota/Wakil Walikota Cirebon definitif hasil Pilkada Tahun 2024 mendatang. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments