Jumat, Mei 24, 2024
BerandaPolitikAda Kemungkinan Dokumen Usulan Ganti Ketua DPRD Dikembalikan? Begini Kata Sekda!

Ada Kemungkinan Dokumen Usulan Ganti Ketua DPRD Dikembalikan? Begini Kata Sekda!

CIREBON – Dokumen hasil rapat paripurna DPRD Kota Cirebon terkait persetujuan penggantian Affiati sebagai ketua DPRD dan Ruri Tri Lesmana sebagai gantinya telah sampai ke meja kerja Walikota Cirebon, Nashrudin Azis.

“Sudah di Pak Wali. Saya belum dapat disposisinya,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, ditemui di gedung Setda Kota Cirebon, Jumat (11/2/2022).

Meski demikian, pria yang akrab disapa Gus Mul itu mengatakan, pihaknya akan mencoba memberi gambaran beberapa opsi kepada walikota guna menyikapi hasil rapat paripurna tersebut.

“Kami akan coba memberikan beberapa opsi yang mungkin bisa dilaksanakan oleh Pak Wali, tapi nanti beliau yang memutuskan,” katanya.

Walikota Azis punya waktu paling lambat 7 hari untuk meneruskan dokumen dari DPRD Kota Cirebon ke gubernur Jawa Barat, sebagaimana ketentuan di dalam PP Nomor 12/2018. Terhitung sejak Kamis (10/2/2022) saat dokumen disampaikan dari DPRD ke Pemkot Cirebon.

Tapi Gus Mul menyampaikan, pihaknya kemungkinan akan menyodorkan dua opsi kepada walikota sebagai pertimbangan untuk menindaklanjuti dokumen dari DPRD. Sebab, kata Gus Mul, ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

“Prinsipnya, kami hanya bisa memberi dua opsi. Pertama, meneruskan ke gubernur dengan persyaratan yang sudah disampaikan oleh DPRD. Kedua, kemungkinan mengembalikan karena beberapa persyaratan belum terpenuhi,” jelas Gus Mul.

Ia menegaskan, mekanisme normatif untuk pengusulan penggantian ketua DPRD memang melalui walikota. Namun ditujukannya ke gubernur.

“Kalau dilihat dari ketentuannya, surat itu ditujukan kepada gubernur melalui walikota. Jadi melalui walikota hanya sifatnya meneruskan. Keputusan atau eksekutornya ada di Pak Gubernur,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengakui, pihaknya telah mengirimkan dokumen hasil rapat paripurna 9 Februari ke Pemkot Cirebon pada Kamis kemarin.

Selain berita acara rapat paripurna dan dokumen terkait lainnya, dilampirkan pula SK DPP Partai Gerindra, surat DPD Partai Gerindra Jawa Barat dan DPC Partai Gerindra Kota Cirebon. “Sudah dikirim,” katanya. (jri)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments