Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonAmankan Pemilu, Pemkot Cirebon Kerahkan Ribuan Linmas

Amankan Pemilu, Pemkot Cirebon Kerahkan Ribuan Linmas

Siberasi.id – Pemerintah Kota Cirebon terus melakukan persiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah meyiapkan unsur Linmas dalam pengamanan Pemilu.

Sebelum diterjunkan untuk pengamanan dalam Pemilu 2024, Pemkot Cirebon berkoordinasi dengan TNI-Polri memberikan berbagai pembekalan kepada Linmas. Pembekalan kepada Linmas sendiri dipusatkan di Mako Kodim 0614/Kota Cirebon.

Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol. Inf. Robil Syaifullah mengatakan, unsur Linmas akan memudahkan dalam penyelenggaraan Pemilu khususnya dalam koordinasi keamanan.

“TNI-Polri sudah siap melaksanakan tugas, namun demikian dengan bantuan rekan-rekan dari linmas akan lebih memudahkan tugas-tugas kami nantinya ke depan dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu,” katanya, Rabu (29/11).

Ia menjelaskan, materi yang diberikan kepada Linmas dalam pembekalan diantaranya adalah mengenai Kepemiluan, Pengamanan Pemilu, kedisiplinan hingga bela diri praktis.

“Selain dari kami sendiri, yang diberikan adalah materi-materi kedisiplinan karena kita nanti menyangkut personalitas dibutuhkan suatu kedisiplinan. Kemudian juga ada materi dari BPBD, keamanannya dari kepolisian,” terangnya.

Nantinya, Linmas tersebut akan ditempatkan di tiap TPS di Kelurahan.

“Penempatannya nanti akan diatur dari Kecamatan sendiri dan dari Kelurahan masing-masing. Kelurahan akan mengatur penempatannya, yang jelas nanti mereka akan di insertkan atau di tempatkan di masing-masing TPS,” terangnya.

Sementara, Plt Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, sebanyak 2.080 Linmas dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024.

“Ini adalah salah satu persiapan Kota Cirebon untuk menghadapi Pemilu 2024. Walaupun wilayahnya kecil kita memang harus mempersiapkannya, seperti kegiatan hari ini kita ada pelatihan untuk Linmas. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments