Siberasi.id – Pemkot Cirebon terus mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar digital agar naik kelas.
Melalui pasar digital, produk UMKM di Kota Cirebon akan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Sehingga usahanya akan berkembang menyesuaikan kondisi pasar pada masa kini.
Hal itu disampaikan Walikota Cirebon, Nashrudin Azis usai mendampingi kunjungan kerja Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko ke Rumah BUMN Cirebon di Jalan Cipto Mangunkusumo, Rabu (9/11/2022).
Azis mengakui, Moeldoko dalam kunjungannya ke Kota Cirebon sekaligus memberikan banyak masukan dan semangat, terutama bagi pelaku UMKM dan Pemkot Cirebon.
“Beliau membawa semangat bagi pelaku UMKM. Memberikan banyak masukan kepada kita semua, baik untuk pelaku UMKM maupun kepada Pemerintah Kota Cirebon,” katanya.
Masukan yang diberikan tersebut, kata Azis, berupa strategi agar UMKM di Kota Cirebon bisa segera naik kelas dan menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia. Terutama dalam penjualan produk dengan memanfaatkan pasar digital.
Sementara itu, Moeldoko mengatakan, seluruh negara melihat pasar digital di Indonesia tergolong tinggi dan memiliki prospek baik. Sehingga pihaknya mendorong agar UMKM tidak ragu untuk memperluas penjualan produk ke pasar digital.
“Dunia e-commerce sangat luar biasa, makanya UMKM kita jangan ragu untuk bisa masuk. Dunia pun melihat e-commerce Indonesia sangat luar biasa,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Retail dan Niaga PT. PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengatakan, Rumah BUMN Cirebon milik PT PLN ini sudah membina sebanyak 700 UMKM yang tersebar di wilayah III Cirebon.
“UMKM yang kita bina mayoritas kuliner, kemudian ada ekonomi kreatif juga. Mereka yang masuk Rumah BUMN ini akan diberi pembinaan, pembelajaran untuk meningkatkan kualitas produk dan pelaku UMKM,” katanya. (jri)