Siberasi.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Fokus utama KAI adalah keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan dengan melakukan berbagai upaya peningkatan kondisi prasarana rel.
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbudin menjelaskan, KAI telah melakukan berbagai langkah perbaikan guna memastikan jalur rel dalam kondisi optimal. Beberapa upaya peningkatan prasarana yang telah dilakukan antara lain:
- Penggantian wesel: 31 unit
- Penggantian bantalan sintetis: 4.353 batang
- Penggantian bantalan beton: 9.000 batang
- Penggantian rel: 15.900 meter
- Penggantian penambat: 49.600 pcs
- Normalisasi tubuh baan: 5.300 meter
Antisipasi Potensi Bencana di Jalur KA
Untuk meminimalisir potensi gangguan akibat bencana, KAI Daop 3 Cirebon telah melakukan pemetaan 10 titik daerah pemantauan khusus (Dapsus), yang terdiri dari 6 titik rawan banjir dan 4 titik kontur tanah labil.
Enam titik lokasi potensi banjir:
- KM 187+600 – 187+800 (Stasiun Tanjung – Losari)
- KM 206+000 – 208+000 (Stasiun Babakan – Waruduwur)
- KM 220+700 – 220+800 (Stasiun Cirebon Prujakan – Waruduwur)
- KM 161+600 – 161+700 (Stasiun Brebes – Tanjung)
- KM 243+200 – 243+600 (Stasiun Sindanglaut – Ciledug)
- KM 252+500 – 252+800 (Stasiun Ciledug – Ketanggungan)
Empat titik lokasi kontur tanah labil:
- KM 149+600 – 152+200 (Jalur Hulu Stasiun Cilegeh – Kadokangabus)
- KM 175+100 – 175+700 (Jalur Hulu Stasiun Telagasari – Jatibarang)
- KM 146+600 – 152+500 (Jalur Hilir Stasiun Kadokangabus – Cilegeh)
- KM 175+100 – 175+600 (Jalur Hilir Stasiun Telagasari – Jatibarang)
Selain itu, kata Muhibbudin, ada 17 titik Alat Material Untuk Siaga (AMUS) telah disiapkan untuk tindakan darurat, terdiri dari bantalan rel dan batu balas. “Lokasi penempatan AMUS meliputi Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Brebes, Sindanglaut, dan Ketanggungan,” ungkapnya.
Persiapan Armada dan Strategi Angkutan Lebaran 2025
KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 unit lokomotif untuk mendukung operasional selama Angkutan Lebaran 2025, yakni CC 201 sebanyak 4 lokomotif dan CC 206 sebanyak 10 lokomotif.
Selain itu, terdapat 66 armada kereta yang akan melayani sejumlah perjalanan utama, termasuk:
- KA Cakrabuana (Cirebon – Gambir – Purwokerto)
- KA Gunungjati (Cirebon – Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng)
- KA Ranggajati (Cirebon – Jember)
- KA Argo Cheribon tambahan (Cirebon – Gambir)
Untuk memastikan perjalanan tetap selamat, aman, dan nyaman, KAI menerapkan berbagai strategi, seperti:
✅ Posko terpadu operasional dan pelayanan penumpang
✅ Antisipasi gangguan sarana dan prasarana perkeretaapian
✅ Peningkatan keamanan dan ketertiban dalam perjalanan KA
✅ Peningkatan aksi keselamatan (Safety Action)
✅ Pemeriksaan bersama secara detail
“Periode Angkutan Lebaran adalah momentum bagi seluruh insan KAI untuk memberikan kinerja terbaik. Kami berharap dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik tahun ini berjalan aman, lancar, dan selamat,” tutup Muhibbudin.