Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonKemenag: Baru 50 Calhaj Kota Cirebon yang Lunasi ONH

Kemenag: Baru 50 Calhaj Kota Cirebon yang Lunasi ONH

Siberasi.id – Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon Jawa Barat, baru mencatat sebanyak 50 calon haji asal Kota Cirebon, yang sudah melunasi pembayaran Ongkos Naik Haji (ONH).

Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Khuailid mengatakan, untuk keberangkatan musim haji tahun ini, jumlah calon haji asal Kota Cirebon berjumlah 446 orang.

“Jumlah tersebut termasuk kuota lansia dan calhaj cadangan,” kata Khuailid, Selasa (23/1).

Khualid menuturkan, untuk waktu pelunasan ONH dibagi dua tahap. Untuk tahap pertama, pada 10 Januari – 12 Februari 2024. Sedangkan tahap kedua, yaitu pada 5 maret sampai 26 maret.

Pada tahap pertama ini, pihaknya baru mencatat sebanyak 50 calon haji asal Kota Cirebon, yang sudah melakukan pelunasan dan lolos pemeriksaan kesehatan.

“Saat ini baru ada sekitar 50 calon haji yang sudah lunas ONH, ” kata Khualid.

Khuailid menuturkan, bahwa saat ini, proses pelunasan pembayaran, bisa dilakukan setelah dinyatakan lolos dalam pemeriksaan kesehatan.

Hal tersebut untuk menghindari calhaj yang sudah lunas, namun ternyata tidak bisa diberangkatkan karena masalah kesehatan.

Menurut Khuailid, pemeriksaan kesehatan (istitoah) sudah dilakukan kepada sekitar 213 calhaj asal Kota Cirebon. Sedangkan yang sudah dinyatakan lolos istitoah sebanyak 190 calon haji.

“Yang sudah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan ini, atau dianggap istitoah, baru bisa melakukan pelunasan,” tutupnya. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments