Siberasi.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi membuka penjualan tiket untuk perjalanan kereta api pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 mulai Selasa, 5 November 2024.
Masyarakat dapat memesan tiket untuk keberangkatan yang dimulai pada H-5 Natal, yaitu 20 Desember 2024, melalui berbagai kanal resmi, seperti aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, dan saluran pemesanan tiket KAI lainnya.
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul menjelaskan, sebagai antisipasi lonjakan penumpang, KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan sebanyak 122.971 tiket yang sudah tersedia untuk dipesan sejak 5 November 2024.
“Pemesanan tiket akan dibuka sesuai dengan tanggal keberangkatan. Tiket untuk keberangkatan 20 Desember 2024 sudah dapat dipesan sejak 5 November, sementara tiket untuk keberangkatan 21 Desember 2024 mulai tersedia pada 6 November,” terang Rokhmad.
KAI mengimbau masyarakat untuk teliti dalam mengisi data diri, tanggal, dan rute perjalanan saat memesan tiket untuk periode libur Natal dan Tahun Baru. Untuk meningkatkan kenyamanan saat pemesanan, KAI telah menerapkan sistem antrean dalam pembelian tiket jarak jauh melalui aplikasi Access by KAI dan situs web kai.id.
“Sistem antrean ini bertujuan untuk menghindari kepadatan dan memastikan pengalaman pemesanan yang lebih lancar, terutama pada masa puncak seperti libur Nataru,” paparnya.
Rokhmad juga mengatakan, calon penumpang akan diarahkan ke sistem antrean jika terjadi kepadatan, dengan perkiraan waktu tunggu yang akan diberikan. KAI juga menyarankan agar calon penumpang tidak menutup aplikasi saat antre untuk memastikan tetap terhubung dengan sistem.
“Sistem antrean ini telah diterapkan sejak 1 Februari 2024 sebagai bagian dari upaya KAI dalam meningkatkan pelayanan berbasis teknologi. KAI Daop 3 Cirebon juga menghimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik, mengingat tiket KA masih tersedia untuk dipesan,” tuturnya.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai tiket pada libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025, masyarakat dapat menghubungi layanan Customer Service di stasiun, telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui akun media sosial KAI121.