Rabu, Mei 22, 2024
BerandaBeritaCirebonIni Produk-produk yang Hadir di Gelaran Bangga Buatan Cirebon

Ini Produk-produk yang Hadir di Gelaran Bangga Buatan Cirebon

Siberasi.id – Plt Wali Kota Cirebon Eti Herawati secara resmi membuka kegiatan Bangga Buatan Cirebon.

Gelaran yang dipusatkan di Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Jalan Cipto Mangunkusumo menampilkan berbagai produk unggulan buah karya putra daerah, diantaranya adalah expo elektronik, sepeda listrik, perlengkapan rumah tangga, kuliner, bazar UMKM dan lainnya.

Kegiatan Bangga Buatan Cirebon semakin meriah dengan hadirnya doorprize menarik yang disediakan untuk masyarakat umum, acara ini sendiri diadakan dari tanggal 23 sampai 25 November 2023 mendatang.

Plt Wali Kota Cirebon Eti Herawati, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah memungkinkan terlaksananya kegiatan ini.

“Kehadiran kita semua di sini sejatinya menunjukkan bahwa kita memiliki komitmen dan visi yang sama untuk membangun perekonomian, meningkatkan promosi, membangkitkan sektor riil, serta pemberdayaan dan pengenalan produk-produk hasil industri Kota Cirebon,” katanya, Kamis (23/11).

Ia menjelaskan, di Kota Cirebon sendiri terdapat sebanyak 1.390 usaha mikro, 593 usaha kecil, dan 223 usaha menengah yang bergerak pada bidang kuliner, bidang fashion, bidang pendidikan, bidang otomotif, bidang agribisnis, bidang teknologi internet, dan bidang lainnya.

Sementara itu, terdapat 534 industri kategori kecil dan sedang serta 425 industri kategori besar yang terbagi ke dalam jenis industri pengolahan pangan, industri tekstil, industri barang kulit, industri pengolahan kayu, industri pengolahan kertas, industri kimia farmasi, industri pengolahan besi.

“Semua sektor tersebut merupakan potensi untuk memajukan Kota Cirebon. Kita meyakini bahwa hanya dengan pertumbuhan yang memadai maka distribusi kesejahteraan akan terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman menambahkan kegiatan Bangga Buatan Cirebon ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan seluruh pihak. Bahkan, menurut Iing, kegiatan ini tidak masuk dalam anggaran APBD Kota Cirebon.

“Event Bangga Buatan Cirebon ini diisi dengan berbagai acara seperti mini expo, yang terdiri dari para pengusaha industri asli Cirebon. Salah satunya yang membuat Bangga Buatan Cirebon, kita memiliki industri pembuatan laptop di Cirebon,” ujar Iing.

“Sekarang (industri pembuatan laptop) sedang memenuhi permintaan dari Kementerian Keuangan sebanyak 2.000 pcs,” tambahnya.

Di samping ada mini expo, kata Iing, terdapat pula kegiatan bazar UMKM, ada lomba mewarnai, lomba star up, lomba foto, dan lomba video. Namun, yang tidak kalah menarik pihaknya menyiapkan door prize yang sangat luar biasa. (red)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments