Siberasi.id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota CIrebon yang telah beroperasi sejak akhir 2024, memberikan kemudahan bagi masyarakat mengakses layanan publik. MPP Kota CIrebon ini berlokasi di Jalan Pemuda Raya Nomor 1 Kesambi Kota Cirebon.
Kehadiran MPP ini menjadi solusi terpadu bagi masyarakat yang membutuhkan berbagai layanan administratif dalam satu tempat. Hingga saat ini, MPP Kota Cirebon telah menyediakan 78 layanan dari 14 instansi berbeda, mencakup sektor perizinan, kependudukan, keagamaan, keuangan, kesehatan, hingga ketenagakerjaan. Beberapa layanan yang tersedia meliputi:
- Disdukcapil: Kartu keluarga, akta kelahiran, identitas kependudukan digital, dan surat pindah
- Dinas Kesehatan: Izin tenaga kesehatan, izin apotek, izin optik, serta sertifikasi laik sehat
- BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan: Pendaftaran peserta, klaim manfaat, hingga pengaduan
-
DPMPTSP: Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), izin reklame, izin trayek, hingga Surat Izin Praktik (SIP)
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cirebon, Drs Sosroharsono mengatakan, teranyar ada pelayanan Samsat hadir di MPP Kota Cirebon. mereka membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.
“Ini sebagai bentuk pengembangan layanan. Samsat akan hadir setiap hari di MPP hingga 30 Juni 2025 mendatang, guna mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” terangnya, Rabu (26/3/2025), di ruang kerjanya.
Selain itu, kata Sosro, dalam waktu dekat pelayanan keimigrasian, Bea Cukai dan SIM keliling akan segera hadir di MPP Kota Cirebon.
“Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait sejak Januari 2025, dan mereka sangat antusias serta siap hadir di MPP Kota Cirebon. Kami berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dalam mengurus administrasi secara cepat dan efisien,” tuturnya.
Tidak hanya layanan secara fisik, kata Sosro, MPP Kota Cirebon juga tengah mengembangkan platform digital yang memungkinkan masyarakat mengakses berbagai layanan secara online, sehingga mengurangi antrean dan mempercepat proses administrasi.
“Dengan berbagai inovasi dan penambahan layanan yang terus berkembang, MPP Kota Cirebon berkomitmen menjadi pusat pelayanan publik yang modern, efisien, dan ramah masyarakat,” katanya.