Close Menu
Siberasi
    Facebook X (Twitter) Instagram
    • Tentang Kami
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Beriklan
    Facebook Instagram YouTube
    SiberasiSiberasi
    • Berita
      • Daerah
      • Cirebon
      • Nasional
    • Kolom
    • Politik
      • Umum
      • Griya Sawala
    • Video
    • Sibersastra
    Siberasi
    Home»Berita»Tiga Masalah Dominan di Kota Cirebon: Pohon Tumbang, Tiang Roboh, dan Kebakaran
    Berita

    Tiga Masalah Dominan di Kota Cirebon: Pohon Tumbang, Tiang Roboh, dan Kebakaran

    adminBy adminSelasa, 10 Desember 2024
    WhatsApp Facebook Twitter Telegram
    Pohon tumbang menjadi peristiwa paling sering terjadi di Kota Cirebon. (foto/Instagram BPBD Kota Cirebon)
    Share
    Facebook WhatsApp Twitter Telegram

    Siberasi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui dashboard Cirebon Siaga 112 melaporkan data kejadian yang ditangani selama periode 1 Januari hingga 30 November 2024. Tercatat sebanyak 459 kejadian telah ditangani dengan rincian sebagai berikut:

    1. Tiang Listrik Roboh (PJU/PLN/TELKOM) sebanyak 103 Kejadian;
    2. Pohon Tumbang sebanyak 71 Kejadian;
    3. Kebakaran sebanyak 54 Kejadian;
    4. Kecelakaan sebanyak 37 Kejadian;
    5. Keamanan dan Ketertiban Umum/Masyarkaat sebanyak 35 Kejadian;
    6. Ambulance sebanyak 33 Kejadian;
    7. Evakuasi Hewan Liar 30 Kejadian;
    8. Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) sebanyak 29 Kejadian;
    9. Kerusuhan/Tawuran sebanyak 23 Kejadian;
    10. Traffic Light sebanyak 11 Kejadian;
    11. Kesehatan sebanyak 11 Kejadian;
    12. Penemuan Mayat sebanyak 8 Kejadian;
    13. Kriminalitas sebanyak 7 Kejadian;
    14. Banjir sebanyak 3 Kejadian;
    15. Bencana Alam sebanyak 2 Kejadian;
    16. Kekerasan Perempuan/Anak/KDRT sebanyak 2 Kejadian; dan
    17. Covid-19 sebanyak 0 Kejadian.

    Panggilan yang Masuk

    Dashboard juga mencatat klasifikasi panggilan selama periode tersebut. Total True Call atau panggilan yang berisi kejadian nyata mencapai angka signifikan tiap bulannya, dengan rincian:

    1. Bulan Januari : 62 Panggilan;
    2. Bulan Februari : 55 Panggilan;
    3. Bulan Maret : 37 Panggilan;
    4. Bulan April : 34 Panggilan;
    5. Bulan Mei : 31 Panggilan;
    6. Bulan Juni : 27 Panggilan;
    7. Bulan Juli : 32 Panggilan;
    8. Bulan Agustus : 49 Panggilan;
    9. Bulan September : 45 Panggilan;
    10. Bulan Oktober : 45 Panggilan; dan
    11. Bulan November : 42 Panggilan.

    Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP MM mengatakan, sejak 112 dilaunching pada 2018 lalu, Pemkot Cirebon memiliki collecting data peristiwa.

    Dari data itu, kata Ma’ruf, pemerintah bisa mengetahui tren kejadian tiga atau lima tahun terkahir, misalnya pohon tumbang, kebakaran dan tiang roboh berikut kabelnya.

    “Dari data ini, menjadi dasar pengambilan kebijakan oleh Pemkot Cirebon, baik untuk menekan peristiwa maupun membuat program dengan memperhatikan peristiwa yang paling sering terjadi,” katanya.

    call 112 cirebon siaga cirebon siaga 112 DKIS Kota Cirebon masalah di kota cirebon

    Berita Terkait

    Pelaku Pencurian Mobil di Cirebon Ditangkap Sebelum Kabur ke Aceh

    Sabtu, 28 Juni 2025

    Sarasehan Bulan Bung Karno: Menyatukan Gagasan Mahasiswa dan Petani

    Minggu, 22 Juni 2025

    Samsung Galaxy S25 Edge Hadir dengan Desain Ultra-Tipis dan Kamera 200MP

    Sabtu, 21 Juni 2025

    Selly Sepervisi Peningkatan Kapasitas Keluarga pada Bulan Bung Karno

    Jumat, 20 Juni 2025
    © 2025 - Siberasi.id. - PT Semesta Dua Bersaudara

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.